Sabtu, 28 April 2018

Pengertian XMI, PCI, dan Future Bus

Pengertian  PCI
PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express.
PCI dirancang untuk mendukung bernacam-macam konfigurasi berbasis mikroprosesor, baik system mikroprosesor tunggal maupun banyak. PCI ini memanfaatkan sinkron dan pola arbitrasi tersentralisasi. System perintah-perintah yang ada di PCI biasanya aktivitas bus terjadi dalam bentuk transaksi sebuah inisiator, atau master, dengan sebuah target. Ketika memperoleh control bus, master bus menentukan jenis transaksi yang akan terjadi berikutnya. Untuk interrupt Acnowledge adalah sebuah perintah baca yang ditunjukkan bagi perangkat yang berfungsi sebagai pengontrol interrupt indetifier untuk dikembalikan.
Fungsi PCI adalah slot untuk menambahkan peripheral tambahan yang belum terpasang pada motherboard, contohnya untuk pemasangan VGA Card atau Sound card.
Pengertian Future Bus+
Future Bus+ adalah standard bus asinkron yang berkinerja tinggi.
Syarat-syarat Future Bus
-Tidak tergantung pada arsitektur, processor dan teknologi tertentu.

-Memiliki protokol transfer asinkron dasar.
-mengizinkan protokol tersinkronisasi pada sumber untuk kebutuhan optional.

-tidak berdasarkan pada teknologi tercanggih.

-terdiri dari protokol-protokol paralel terdistribusi penuh dan arbitrasi yang mendukung baik protokol circuit switched maupun protokol split transactions.

-Menyediakan dukungan bagi sistem-sistem yang faulttolerant dan yang memiliki reliabilitas tinggi.

-menawarkan dukungan langsung terhadap memori berbasis cache yang dapat digunakan bersama

-memberikan definisi transportasi pesan yang kompatible

-Future bus+ mendukung bus-bus data 32,64, 128,256 bit

-Future bus+ mendukung baik model terdistribusi maupun tersentralisasi

-Future bus+ merupakan salah satu standar bus yang secara teknis paling kompleks

-Future bus+ merupakan spesifikasi bus yang dapat di gunakan untuk bus prosessor –memori atau yang dapat di gunakan dengan PCI untuk mendukung peripheralperipheral berkecepatan tinggi.
Perbedaan PCI dan Future Bus+
PCI ditujukan bagi implementasi murah yang membutuhkan bidang fisik secara minimal, sedangkan future bus+ dimaksudkan untuk memberi fleksibilitas yang tinggi dan luas.

1 komentar: